oleh

Farhana Mallawangan, Refleksi Perjuangan Wanita Indonesia Masa Kini

-OPINI-12 views

Ket foto: Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kolaka, Prov. Sultra, Farhana Mallawangan. (ist)

Kendari,Fokustime.com – Sejarah emansipasi perempuan di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran R.A. Kartini yang memperjuangkan kesetaraan antara kaum wanita dan pria.

Kartini mampu mendobrak pemikiran-pemikiran tentang keberadaan wanita Indonesia khususnya Jawa di masa itu dengan terus memperjuangkan emansipasi wanita. Pemikiran Kartini yang dipengaruhi lingkungan sosialnya menjadikan pendidikan itu sebagai alat untuk memajukan sebuah bangsa.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kolaka, Prov. Sultra, Farhana Mallawangan dalam memperingati Hari Kartini tanggal 21 April tahun 2021 ini, membeberkan beberapa kriteria wanita yang pantas mendapat predikat sebagai Kartini Modern.

Menurut wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Prov. Sultra ini, perjuangan wanita indonesia harus terus digaungkan agar terlahir Kartini Modern yang menanamkan Pemikiran Kartini dalam kehidupan sehari-hari.

Kriteria Kartini Modern menurut Farhana adalah sebagai berikut:

  1. Inspiratif
    Sebagian orang menganggap, untuk bisa dikatakan inspiratif, seseorang harus menginspirasi banyak orang. Namun nyatanya, tidak perlu menginspirasi banyak orang untuk bisa dikatakan sebagai wanita yang inspiratif. Bahkan jika seorang wanita sudah bisa menginspirasi orang-orang terdekat seperti keluarga, wanita tersebut sudah pantas dikatakan sebagai sosok wanita yang inspiratif.
  2. Berani
    Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh Kartini Modern adalah berani. Dalam hal ini, wanita harus berani menghadapi suatu masalah, berani mengambil keputusan dan menghadapi segala resiko yang mungkin akan terjadi jika keputusan tersebut diambil.
  3. Aktif
    Untuk bisa dikatakan sebagai Kartini Modern, seorang wanita harus aktif dan kritis. Artinya, wanita tidak lagi menjadi pasif dan hanya menerima segala sesuatu dengan begitu saja, tapi berani bersuara dan mengkritisi hal-hal yang tidak sesuai dengan pemikiran mereka.
  4. Pintar Mengatur Waktu
    Wanita harus pintar dalam mengatur waktu, terutama bagi wanita yang sudah berkeluarga. Salah satu bentuk emansipasi wanita adalah kini wanita tidak lagi hanya mengurusi anak dan suami di rumah, tapi juga memiliki hak yang memiliki aktivitas lain seperti bekerja. Meskipun begitu, wanita tentunya harus bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Jika Anda sudah memutuskan untuk menjalani dua peran sekaligus, pastikan kedua peran tersebut dapat Anda jalankan dengan seimbang.
  5. Konsisten
    Wanita harus memiliki konsistensi dalam segala hal, diantaranya dalam ucapan dan tindakan. Dengan menjadi orang yang konsisten, Anda juga akan menjadi orang yang dapat dipercaya dalam lingkungan sekitar Anda.
  6. Memiliki Perencanaan
    Sosok wanita yang pantas disebut sebagai Kartini Modern adalah wanita yang memiliki perencanaan yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu, sebelum membuat perencanaan, Anda harus memikirkan secara matang terlebih dahulu mengenai resiko dari rencana-rencana yang Anda buat.

Wakil Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan di KADIN Sultra ini juga menambahkan, bahwa perjuangan Kartini harus bisa menjadi penyemangat wanita Indonesia untuk menjadi Kartini masa kini.

“Bagaimana? Sudahkah Anda memiliki kriteria untuk menjadi sosok Kartini Modern?,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed