oleh

Program Pamsimas Desa Cikao Bandung Ketersediaan Air Bersih Dan Sanitasi Tepat Guna Untuk Masyarakat

Purwakarta,Fokustime.com – Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa adalah salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera, masyarakat tidak mungkin jadi makmur dan sejahtera kalau tidak punya air yang bersih.

Salah satu contoh masyarakat Kp. Cikao II RW 04 Dusun 2 di Desa Cikaobandung Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta sangat bersyukur atas adanya kegiatan PAMSIMAS tersebut, hal ini disampaikan langsung oleh Abdul rauf selaku KKM kepada awak media ini,Minggu (23/5/21)

Abdul menyatakan “senang melihat adanya pembangunan Program Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di desanya, kalau di Desa Cikaobandung pembangunan Pamsimas untuk pembuatan menara sudah 85 % kalau pipanisasi sudah berjalan 10%, mudah mudahan dengan adanya PAMSIMAS ini masyarakat di Desa Cikaobandung bisa mendapatkan kwalitas air yang bersih”, ucapnya.

Abdul juga menambahkan “Masyarakat Desa tidak akan sejahtera jika masih buang sampah sembarangan, karena kotoran akan merembes ke tanah dan masuk ke dalam air yang akhirnya diminum. Ini bisa menyebabkan anak anak diare, konsekuensi yang bisa dihadapi jika seorang anak terus menerus terserang penyakit, salah satunya adalah menghambat kinerja otak. Ini adalah salah satu pemicu terjadinya stunting, Kalau anak-anak diare terus menerus, mereka akan kekurangan gizi, berat badan menurun, Kalau anak sering sakit otak bisa tidak berkembang walaupun sudah disekolahkan, maka dari itu saya selaku KKM mengucapkan terima kasih atas adanya program Pamsimas di Desa saya”, tutupnya.

Ditempat yang sama, Rise, selaku Satlak Pamsimas juga menambahkan” air minum dan sanitasi sangat penting, inilah program Pemerintah Pusat, bersama bersinergi menggapai desa-desa di Indonesia yang masih kurang sanitasi dan air bersih.tutupnya.

Program PAMSIMAS di Desa Cikaobandung Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, telah berhasil menyediakan tambahan pelayanan air bersih bagi 185 KK masyarakat Desa, Kegiatan Kesehatan di sekolah, Kegiatan Kesehatan Masyarakat dengan pembuatan TCT serta adanya Kegiatan Pelatihan Konstruksi bagi Satlak serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa Cikaobandung ditengah pandemi covid saat ini”, tambah rise.(Eric / Ronal/Dy).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed