oleh

WBP Lapas Kelas III Lhoknga “Ikuti Pembukaan Pelatihan Pertanian Hidroponik dengan Metode Green House”

-BERITA-9 views

Fokustime, Lhoknga – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lhoknga mengadakan acara Pembukaan Pelatihan Pertanian Hidroponik dengan Metode Green House bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu, 14 Juli 2021.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Lapas Lhoknga dengan Dinas Pertanian Aceh Besar. Pembukaan yang bertempat di aula Lapas Kelas III Lhoknga dihadiri oleh Kepala Lapas Kelas III Lhoknga, Yusrizal, S.H., M.Si., Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar, S.P., Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lhoknga, pejabat struktural Lapas Lhoknga dan warga binaan pemasyarakatan yang sudah didaftarkan menjadi peserta pelatihan.

Acara diawali dengan pembacaan Al-Quran lalu dilanjutkan dengan penyampaian laporan pelaksanaan acara oleh Kasubsie Pembinaan, Bahriza. Dalam laporannya, Bahriza menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pertanian hidroponik ini dapat terlaksana berdasarkan kerjasama dengan Dinas Pertanian Aceh Besar. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari kedepannya dan diikuti oleh 20 warga binaan pada Lapas Lhoknga. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar dan Kepala Lapas Kelas III Lhoknga.

Dalam sambutannya, Kalapas mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk keseriusan dan juga komitmen dari Lapas Lhoknga dalam memberikan pembinaan bagi warga binaannya. “Pelatihan ini merupakan kesempatan yang tidak boleh di sia-siakan jadi saya harap keseriusan semua peserta dalam mengikuti materi dan praktik nantinya”, pungkasnya. Kalapas berpesan dalam mengikuti pelatihan agar kepada semua peserta dapat bersungguh-sungguh dan serius mengikuti pelatihan. Yusrizal juga mengingatkan agar peserta tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditentukan antara lain mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu, masker dan face shield yang telah dibagikan juga agar tidak lupa dikenakan.

Pelatihan Pertanian Hidroponik dengan metode Green House bagi Warga Binaan Pemasyarakatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Lapas Kelas III Lhoknga disertai penyematan tanda peserta bagi perwakilan warga binaan. Penyematan ini juga dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar.

Dalam memberikan pembinaan kepada warga binaan, Lapas Lhoknga kerap melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait. Hal ini sejalan dengan salah satu tata nilai PASTI yaitu SINERGI, yang berarti kerjasama. Tentunya setiap instansi memerlukan kerjasama eksternal dengan instansi lainnya agar terciptanya suatu kesatuan yang kokoh dan memaksimalkan tercapainya tujuan yang telah dicanangkan.

Yusrizal memberikan apresiasi mendalam atas kerjasama yang terjalin dan bagaimana kerjasama tersebut sangatlah bermanfaat untuk situasi seperti ini dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi warga binaan. Pihaknya berharap untuk kedepannya kerjasama dengan Dinas Pertanian Aceh Besar dapat terus terjalin dengan baik. “Pihak kami sangat senang kerjasama ini dapat terealisasi dengan baik dan semoga ilmu yang diberikan kepada warga binaan dapat menjadi bekal bagi mereka setelah menyelesaikan masa tahanan kelak”,ucap Kalapas.

Editor : Jefry Boy Isny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed