oleh

Pasca Kaburnya 9 WBP, Kakanwil Bersama Kadivpas Kemenkumham Aceh “Langsung Gerak Cepat Tinjau Lapas IIB Blang Pidie”

-BERITA-37 views

Fokustime, Blangpidie – Terkait berhasilnya 8 (Delapan) dari 9 Sembilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Blang Pidie kabur, Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kakanwil Kemenkumham Aceh langsung gerak cepat meluncur ke Lokasi yang terletak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Sabtu, 17 juli 2021.

Blangpidie merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Barat Daya yang berada pada bagian selatan pesisir Barat Aceh dengan melewati jalan raya yang menghubungkan Banda Aceh – Medan dengan jarak tempuh 358 Kilometer atau 6 (Enam) jam 20 (Dua Puluh) menit perjalanan.

Kepada Fokustime, Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, mengatakan, Dengan adanya informasi, Bahwa, telah terjadi kekacauan pada Lapas kelas IIB Blang Pidie Kabupaten aceh Barat Daya (Abdya) dan berhasilnya kabur 8 WBP Lapas Kelas IIB Blang Pidie bersama Kadivpas, Heri Azhari serta Kasubbid Keamanan, Indra Gunawan langsung gerak cepat.

Lanjut Meurah Budiman menjelaskan, Bahwa, WBP yang berusaha kabur seluruhnya berjumlah 9 WBP, hanya saja seorang WBP gagal kabur karena berhasil ditangkap petugas. Sehingga satu orang petugas terluka akibat ditusuk pecahan kaca oleh WBP saat akan melarikan diri.

“Allhamdulillah, Seorang petugas yang terluka lantaran ditusuk dengan pecahan kaca, sudah dirawat di rumah sakit dan kita sudah membentuk tim dengan langsung melakukan koordinasi bersama pihak TNI/Polri guna melakukan pencarian 8 (Delapan) WBP yang telah berhasil kabur,” terang Meurah Budiman..

Lanjutnya, Kita juga langsung cek kondisi Lapas Kelas IIB Blangpidie yang rusak pasca dijebol oleh para WBP yang kabur dengan langsung memberikan pembekalan dan penguatan kewaspadaan dan deteksi dini potensi gangguan kamtib dalam lingkungan Lapas pada jajaran petugas Lapas Kelas IIB Blang Pidie.

Secara bersamaan, Kadivpas, Heri Azhari langsung melakukan diseminasi ke seluruh Pegawai, Petugas Unit Pelaksanaan Tekhnis (UPT) pada Lembaga Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Guna, menyampaikan penguatan dan peningkatan kewaspadaan melalui zoom yang direlay dari Lapas IIB Blangpidie, Kabupaten Abdya.

Dengan tegas Kadivpas menginstruksikan agar seluruh petugas harus memiliki alat komunikasi yang selalu dapat terpantau secara real time sehingga nantinya tidak ada lagi keterlambatan penanganan bila ada gangguan kamtib yang terjadi, Kata Heri Azhari.

“Kejadian hari ini menjadi sebuah pelajaran besar untuk kita, sehingga kedepannya kita harus lebih waspada lagi,” ungkap Kadivpas Aceh Heri Azhari, yang bertugas di Aceh selama 5 bulan ini.

Editor : Jefry Boy Isny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed