oleh

Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H “Lapas Kelas III Lhoknga Memfasilitasi Sholat Ied Berjama’ah”

-BERITA-13 views

Fokustime, Lhoknga – Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar keagamaan yang ditunggu oleh seluruh umat Islam. Begitu pula yang dirasakan oleh warga binaan Lapas Kelas III Lhoknga. Meskipun dibatasi oleh jeruji besi lapas, tidak menyurutkan semangat mereka menyambut Hari Raya Qurban ini.

Melihat hal tersebut, Lapas Lhoknga pun memfasilitasi perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 1442 H dengan menggelar shalat Ied berjamaah dengan para warga binaan. Dalam kegiatan ini, Kepala Lapas dan para pejabat struktural ikut melaksanakan shalat Ied dengan berbaur bersama warga binaan. Shalat Ied dilaksanakan pada mushalla At-Tawwabin Lapas Kelas III Lhoknga dimulai pukul 07.30 WIB. Dengan mengenakan pakaian muslim terbaiknya, disertai gema takbir yang mengagungkan kebesaran Allah SWT, warga binaan berbondong-bondong memasuki mushalla tersebut. Mereka pun ikut serta melantunkan takbir pada hari suci ini.

Namun begitu, dikarenakan tengah dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan shalat Ied di Lapas Lhoknga harus dibatasi. Sebagian warga binaan terpaksa harus melaksanakan shalat dari dalam kamar hunian mereka karena penerapan protokol kesehatan. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kekhusyukan mereka dalam shalat. Bertindak sebagai khatib dan imam shalat yaitu Ust. Rizqi Muttaqin dari Lambaro Skep. Dalam khutbahnya, beliau menyampaikan untuk senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Selesai pelaksanaan shalat Ied, Kepala Lapas, mewakili seluruh jajaran Lapas Lhoknga memberikan kata sambutan kepada warga binaan. Beliau menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha dan meminta agar setiap kekhilafan perbuatan dan perkataan dapat dimaafkan. Selayaknya petugas pemasyarakatan hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. “Marilah kita jadikan momentum perayaan Hari raya Kurban ini sebagai ajang saling memaafkan dan mengikhlaskan yang pernah terjadi. Semoga Allah menerima ibadah kita semua dan senantiasa memberkahi kehidupan kita,”ujarnya. Pelaksanaan shalat Ied ditutup dengan halal bi halal dan saling bermaafan antara pegawai dan juga warga binaan.

Warga binaan kemudian menyantap hidangan lebaran yang telah dipersiapkan oleh petugas Lapas Lhoknga di antaranya hidangan lontong sayur, kue, berbagai minuman, dan buah-buahan.

Editor : JBI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed