oleh

Tim SATOPS PATNAL Lapas Kelas III Lhoknga “Giat Razia Pada Blok Kamar Hunian WBP”

-BERITA-40 views

Laporan : Kaperwil Aceh

Lhoknga, Fokustime – Lembaga Pemasyarakatan kelas III Lhoknga kembali mengadakan razia dan penggeledahan kamar warga binaan rutin, jum’at lalu.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh untuk melaksanakan operasi penggeledahan dan razia rutin. Kegiatan dimulai pada pukul 20.30 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB.

Kegiatan razia ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Lapas Kelas III Lhoknga sebagai bentuk pengawasan dan pencapaian lingkungan pemasyarakatan yang bebas dan bersih dari halinar (HP, pungli dan narkotika) serta meminimalisir potensi serta mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Kegiatan razia kali ini melibatkan tim SATOPS PATNAL Lapas Kelas III Lhoknga serta regu pengamanan dan juga pegawai staf.

Mengawali kegiatan, Kasubsie Keamanan dan Ketertiban, Ganda Fernanda, memberikan instruksi dan pengarahan terkait kegiatan razia ini. Tak lupa, seluruh peserta diharuskan untuk mengawali dengan membaca doa dan juga mengenakan masker dan handscoon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Fokus target razia kali ini lebih untuk meminimalisir benda atau barang larangan dan berbahaya seperti sajam, narkoba, HP serta benda lain yang dilarang. “Kemudian, dalam melakukan razia blok hunian warga binaan, harap tetap mengutamakan asas kemanusiaan, lakukan dengan sopan dan jangan sampai ada kekerasan sedikitpun. Kita adalah insan Pengayoman, jadi sudah sepatutnya dalam setiap perbuatan kita harus disertai dengan sikap mengayomi.”pungkasnya.

Dari hasil razia masih ditemukan sejumlah barang-barang terlarang seperti handphone, paku, pisau, charger, dll.

Namun tidak ditemukan narkotika dengan jenis apapun pada kegiatan ini. Hasil razia tersebut kemudian dikumpulkan dan diserahkan kepada pihak lapas untuk dimusnahkan.

Kegiatan razia kali ini ditutup kembali dengan pengarahan dari Kasubsie Keamanan dan Ketertiban.

Ganda mengungkapkan komitmennya untuk terus menggelar razia secara insidentil ini sebagai upaya mewujudkan Pemasyarakatan yang Zero Halinar (Hp, Pungli, Narkoba).

Dirinya juga memastikan dalam pelaksanaan razia ini tidak ada oknum pegawai lapas yang melakukan pungutan liar kepada warga binaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed