oleh

Uang Pengganti TIPIKOR Pembangunan Jembatan Pangawa “70 Juta Rupiah” Diterima Jaksa

-BERITA-41 views

Laporan : Jefry Boy Isny

Pidie Jaya, Fokustime – Pemulihan Keuangan Negara/Daerah Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Pembangunan Jembatan Pangawa.

Jaksa, Kejari Pidie Jaya terima penyerahan uang titipan sebagai uang pengganti dalam perkara tindak Pidana Korupsi Pembangunan Jembatan Pangawa Tahun 2018 sebesar Rp. 70.000.000,- (tujuh puluh juta rupiah) dari terdakwa MH melalui penasehat hukumnya Zulfan, S.H dan M. Nasir, S.HI., M.H. ke tim JPU Kejaksaan Negeri Pidie Jaya.

Sebelumnya terdakwa An. MH juga telah melakukan penyerahan uang titipan sebagai uang pengganti tindak pidana korupsi sejumlah Rp. 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah), sehingga total jumlah uang yang telah dikembalikan terdakwa senilai Rp. 220.000.000,- (dua ratus dua puluh dua juta rupiah).

Adapun uang titipan tersebut disimpan di rekening titipan kejari Pidie Jaya dan selanjutnya sebagai upaya untuk memulihkan kerugian keuangan negara/daerah dalam perkara tindak Pidana Korupsi Pembangunan Jembatan Pangawa. dengan total nilai kerugian keuangan negara sebesar Rp. 417.272.741,00

Terdakwa MH selaku Direktur perusahaan PT. Zarnita Abadi Yang melaksanakan pekerjaan pembangunan jembatan Pangawa namun dalam kenyataannya pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi dan volume sebagai mana terdapat di dalam surat perjanjian kerja (kontrak), sehingga atas perbuatannya terdakwa diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 3 UU RI No. 31 Tahun 1999 Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana telah diubah dengan UU no. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Perkara ini masih dalam proses persidangan Pengadilan Negeri Tipikor Banda aceh dan sampai pada tahap pembuktian/pemeriksaan saksi-saksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed