oleh

Polres Kolaka Utara Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Rohania dan Mental

Kolaka Utara,Fokustime.com – Polres Kolaka Utara melaksanakan kegiatan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) rutin tiap hari Kamis setelah Apel pagi bagi yang beragama Islam. Program Kamis Binrohtal sebagai wadah untuk membentuk karakter angggota Polri menjadi lebih humanis, sehingga citra Kepolisian di mata masyarakat di pandang lebih baik, Kamis (02/9/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakaapolres Kolaka Utara Kompol Bambang Eko Purwanto, S.IP, para ka bda g, para kasat, perwira Polres Kolaka Utara,dan personel Polres Kolut serta Pemberi tauziah kiai muda Ust. Tahfis, S.Hi.

Kegiatan diawali dengan membacakan surat yasin yang di pimpin oleh AIPDA H.Ismail Tamrin salah satu personel terbaik olres Kolaka Utara dan diikuti oleh semua personil yang hadir.

Dilanjutkan dengan Tauziah oleh kiai muda Ust. Tahfis, S.Hi dengan menyampaikan yaitu Dalam Surat Al – Lail ada sebuah ayat yang kita sering dengar yakni Allah berfirman ” Sesungguhnya kami menjadikanmu dengan Profesi yang berbeda – beda. ” Dalam tafsir dijelaskan bahwa profesi atau pekerjaan yang Allah tetapkan bagi hambanya masing – masing itu sudah menjadi takdir ketetapan Allah dalam waktu tertentu yakni takdir Muallaq/takdir yang bisa berubah dan telah ditetapkan dengan waktu tertentu.

Semua Profesi yang kita miliki adalah takdir Muallaq yakni takdir yang bisa berubah suatu saat. Ada istilah mengatakan bahwa ” Jangan pernah memandang remeh orang lain karena setiap orang, Allah sudah memberikan kelebihan.” Pada saat tertentu, profesi ini tidak boleh ditukar – tukar karena Allah tidak memberikan pekerjaan kepada hambanya kecuali hamba itu mampu mengerjakan.

“Dari Profesi yang berbeda – beda, yang kita harus perhatikan sebagai seorang Islam, yakni Habluminallah (hubungan manusia dengan Allah) dan Habluminannas (Hubungan manusia dengan manusia lain),”ungkap Ust. Tahfis.

Habluminallah, intinya adalah saat ibadah Shalat. Dari lima rukun Islam itu terhimpun pada kewajiban shalat. Sebagaimana dikatakan dalam Al-qurban bahwa Shalat itu adalah tiang agama. Dan pertanggungjawaban kita diakhirat nanti adalah shalat. Ada kata hiasan yang mengatakan bahwa Shalat adalah kunci masuk untuk Surga, oleh karena itu dalam pembinaan mental Shalat ini menjadi hal penting, dimana Allah sudah mengatakan dalam Al-quran bahwa Shalat adalah ibadah yang paling berat dari ibadah yang lain. Sehingga tegaknya seorang dapat dinilai dari ibadah Shalat, orang yang tidak menegakkan Shalat sama saja merendahkan agamanya.(HMS/Dy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed