oleh

Binmas Noken Deiyai: Kerajinan Anyaman Tas Noken Harus Terus Dilestarikan

Jayapura,Fokustime.com – Pada hari Selasa tanggal 7 September 2021, Bertempat di pasar Yomeni Waghete Kabupaten Deiyai, Personel Binmas Noken sambangi pengrajin Anyaman tas Noken Binaannya.

Sambang tersebut dipimpin oleh Ipda Frans Maraya, S.Sos bersama kedua personelnya dengan menyambangi pengrajin anyaman tas Noken Mama Yohana Pekei dan Mama Martha Edowai.

Dimana dalam sambang tersebut Ipda Frans mengatakan bahwa kerajinan tas Noken adalah salah satu Ikonik Papua yang harus terus dilestarikan dan tetap dijaga, karena ini merupakan warisan dari leluhur kita.

Sementara itu di Papua akan di gelar PON XX tahun 2021 yang diharapkan dapat lebih menarik minat pengunjung yang menonton PON. Oleh karena itu perlunya kehadiran Dinas terkait untuk membantu memasarkan hasil kerajinan tangan mama-mama tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan memajukan perekonomian mereka.

Kami dari Binmas Noken juga akan membantu dalam pendampingan dan juga memasarkan hasil buah karya anyaman tas Noken dari Mama-mama ini agar dapat menjadi salah satu sumber pendapatan.

Mama Yohana Pekei selaku pengrajin tas Noken binaan Binmas Noken menyampaikan bahwa pendampingan yang dberikan Binmas Noken sangatlah membantu kami.

Kami pengrajin Tas Noken juga berharap dengan pergelaran PON XX ini dapat lebih menarik minat masyarakat terebih lagi masyarakat dari luar Papua.(HMS/Dy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed