oleh

17 Saksi di Periksa Jampidsus “Terkait Dugaan TIPIKOR Pada LPEI, PT. ASABRI (Persero) dan PDPDE”

-BERITA-13 views

Jakarta, Fokustime – Jampidsus Kejagung RI melakukan pemeriksaan terhadap 17 (Tujuh Belas) orang yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada LPEI, PT. ASABRI (Persero) dan PDPDE, Kamis, 30 September 2021.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Leonard Even Ezer Simanjuntak SH. MH. dalam siaran persnya menyampaikan, Bahwa :

  1. Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) orang yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Saksi yang diperiksa yaitu HG selaku Project Leader PT. Cipta Lestari, diperiksa terkait penerimaan fasilitas kredit dari LPEI kepada PT. CSL.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

  1. Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung memeriksa 11 (sebelas) orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi oleh PT. ASABRI (Persero) pada beberapa perusahaan periode tahun 2012 s/d 2019.

Saksi-saksi yang diperiksa antara lain:

  • RO selaku Direktur PT. OSO Manajemen Investasi (dahulu bernama PT. Brent Asset Management), diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • RNT selaku Bank Niaga selaku Bank Custody, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • IA selaku Direktur PT. BCA Sekuritas, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • SS selaku (Direktur Bank Danamon selaku Bank Custody, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • S selaku Direktur OSO Sekuritas Indonesia, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • JI selaku Karyawan PT. Bumi Nusa Jaya Abadi, diperiksa terkait pengelolaan dana investasi di PT. ASABRI (Persero) dengan Tersangka TT.
  • PDH selaku Dirut PT. Gunung Bara Utama, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • S selaku Sales pada PT. NH Korindo Sekuritas Indonesia, diperiksa terkait pengelolaan dana investasi di PT. ASABRI (Persero) dengan Tersangka TT.
  • ED selaku Direktur PT. Mahkota Properti Indo, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • SZ selaku Direktur PT. Bahana Sekuritas, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).
  • NS selaku Kepala Mega Capital Sekuritas, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di PT. ASABRI (Persero).

  1. Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap 5 (lima) orang saksi yang terkait dengan Tindak Pidana Korupsi Pembelian Gas Bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

Saksi-saksi yang diperiksa antara lain:

  • HP selaku Karyawan Swasta PT. PDPDE Gas, diperiksa untuk mengetahui transaksi keuangan di PT. PD.PDE Gas, diperiksa di Kejaksaan Agung.
  • W selaku Financial Controller pada PT. Swarna Dwipa Sumsel Gemilang, diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.
  • RH selaku Mantan Kepala Dinas SDM Pemerintah Provinsi Sumsel, diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.
  • NS selaku Plh. Direktur Operasi PT. PDPDE merangkap Komisaris PT. PDPDE Gas 2009, diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.
  • RY selaku Direktur PT. DKLN, diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M.(Aceh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed