oleh

Lapas Narkotika II B Kota Langsa “Giat Deklarasi dan Penandatanganan Pernyataan Komitmen Zero Halinar” Ini Pesan Kadivpas Aceh

-BERITA-35 views

Laporan : Jefry Boy Isny

Kota Langsa, Fokustime – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II B Kota Langsa bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melaksanakan deklarasi komitmen bebas Hand Phone, Pungli dan Narkotika (Halinar).

Hadir pada giat Apel yang di pimpin langsung oleh Kepala Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar dan Kasubbag TU, Hasan Basri, Kasi Adm. Kamtib, Tantawi Jauhari, KPLP, Idris, Kasi Binadikgiatja, Yopi Syahputra, Kasubsie Keamanan Hendra Irawan, Kasubsie Pelaporan Muktar, kasubsi Registrasi, Mahkrizal dan staf maupun petugas jaga serta para WBP.

Berawal dari giat Apel bersama Kamis, 30 September 2021 yang berlangsung di Lapangan Upacara Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa, ASN bersama WBP melakukan komitmen bebas Halinar yang ditandai dengan pernyataan dan penandatanganan komitmen bebas atau zero Halinar.

Deklarasi komitmen bebas dari Halinar ini juga disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Aceh, Heri Azhari secara virtual melalui Aplikasi WhatsApp (Videocall).

Kegiatan tersebut diawali dengan ikrar dan janji ASN dan WBP Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa yang di bacakan oleh ASN dan WBP Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa yang berbunyi :

Ikrar Tanpa Halinar

Kami seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa Berikrar :

  1. Tidak Akan Menjadi Pelaku/Perantara Terjadinya Halinar
  2. Apabila Kami Melakukan Pelanggaran Halinar Maka Kami Siap Menerima Sanksi Atau Hukuman Yang Telah Ditetapkan
  3. Kami Akan Menjunjung Dan Mentaati Ikrar Yang Telah Kami Ucapkan.

Ikrar Zero Halinar

Kami Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa Berjanji :

  1. Kami WBP Tidak Akan Melakukan Perbuatan Melanggar Halinar.
  2. Kami WBP Siap Untuk Diberikan Hukuman/Saksi Sesuai Ketentuan Yang telah Ditetapkan.
  3. Kami Akan Mentaati Dan Menjalankan Janji Kami.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan pernyataan oleh ASN dan WBP dan di saksikan secara virtual oleh Kadivpas Aceh, yang mana di tandai dengan membubuhkan tanda tangan pada banner yang langsung di koordinir Kasi Adm. Kamtib, Tantawi Jauhari dan KPLP Idris.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar dalam arahannya menyampaikan, Bahwa,
Komitmen bersama deklarasi bebas Halinar di lingkungan Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen para WBP agar tidak memiliki apalagi menggunakan HP.

“Selain itu, juga nantinya agar para WBP tidak mengedarkan dan mengunakan narkoba di dalam Blok kamar hunian WBP dan juga harus mematuhi tata tertib yang berlaku di Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa dan kegiatan ini bukan sekedar seremonial belaka, Maka komitmen bagi ASN agar tidak melibatkan diri terhadap peredaran dan penggunaan handphone dan praktik serta pungutan liar (pungli) dan narkoba di dalam Lapas, ” Kata Herman Anwar.

Lanjutnya, Salah satu upaya yang dilakukan bebas dari Halinar yakni, peningkatan layanan video call gratis (wartelsus) bagi para WBP yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya, Sehingga dengan komitmen dan deklarasi tersebut, ke depannya Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa terus bebas atau zero Halinar,” sebut Herman Anwar.

Penegasan kembali komitmen tersebut bertujuan mencegah gangguan keamanan dan masalah di lingkungan Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa

“Semuanya harus berkomitmen Zero Halinar, Jika (ada) WBP yang melakukan pelanggaran akan memasukkan WBP tersebut ke dalam sel hukuman disiplin,” tegas Kepala Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Aceh, Heri Azhari, Usai menyaksikan secara langsung penandatanganan pernyataan oleh ASN dan WBP melalui deklarasi Penandatanganan komitmen menuju Zero Halinar menyampaikan, Apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa yang mana telah berikrar dengan komitmen deklarasi Zero Halinar.

Lanjut Kadivpas, Kegiatan ini bukan sekedar seremonial belaka yang mana telah di laksanakan penandatanganan yang di bubuhkan oleh ASN dan WBP pada Banner, Akan tetapi kenyataan dari semua ikrar ataupun komitmen yang telah di lakukan dengan bersungguh – sungguh melaksanakan program Bebas/Zero Halinar dengan semaksimal mungkin.

“Perlu di garis bawahi, bahwa, jika di dapati para ASN melakukan pelanggaran sanksi berat telah menanti, tegas Kadivpas Aceh, Heri Azhari, mengakhiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed