oleh

Upacara Penerimaan dan Pelepasan Kirab Api PON XX 2021

Jayapura,Fokustime.com – Pada hari Jumat tanggal 01 Oktober 2021 bertempat di Lapangan Kantor Walikota Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Upacara Penerimaan dan Pelepasan Kirab Api PON XX Papua 2021.

Hadir dalam kegiatan yakni Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K, Ketua Harian PB PON Dr. Yunus Wonda,SH,MH dan Forkopimda.

Kirab Api PON XX Papua yang di bawa oleh Tiga Atlit terbaik Indonesia yaitu Taufik Hidayat (Atlet Bulutangkis Indonesia), (Boaz Solossa Atlet Sepak Bola Indonesia) dan Lilis Karubaba (Atlet Pencak Silat) tiba di Lapangan Kantor Walikota Jayapura.

Kirab Api PON XX disambut oleh tarian-tarian Tradisional, kemudian Upacara Penerimaan dan pelepasan Kirab Api PON XX Papua yang dipimpin oleh Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM, yang menerima api PON XX Papua dari Peraih Medali Emas Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat.

Dalam sambutannya Walikota Jayapura menyampaikan, ini adalah sejarah bagi Papua Khususnya di Kota Jayapura sebagai klaster terbesar di PON XX Papua tahun 2021 yang terdiri dari 16 cabang olahraga, 16 Venue dan 22 Disiplin. Sekarang telah berkumpul atlet-atlet terbaik diseluruh Provinsi dari seluruh plosok tanah air, setiap atlet siap berkompetensi dan menjadi juara.

Pekan Olah Raga Nasional XX Papua, sebagai ajang olahraga PON adalah momentum untuk menggalakan Kompetensi Olaharaga, kompetensi harus dimulai dari Kampung, Desa-Desa, Kabupaten dan Provinsi yang ada di negara kita semuanya harus berperan sehingga banyak bibit bibit Olahragawan Nasional akan kita dapatkan, akan lahir budaya kompetensi yang sehat di masyarakat dan tumbuh semangat juang dan mental-mental juara disegala bidang, saya meyakini kompetensi olahraga kita akan menjadi bangsa yang Tangguh diantara bangsa-bangsa lain di dunia.

Saya mengucapkan terima kasih kepada atlet yang membawa api PON ini tetap semangat, kobarkan api PON, untuk Kota Jayapura, untuk Papua dan Indonesia.

Sementara itu Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda dalam sambutannya menyampaikan, saya menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Jayapura, dan selamat datang di Kota Jayapura.

Perjalanan yang cukup Panjang mulai dari Sorong, tiba di Biak, Timika, Wamena, Merauke dan sampai di Kota Jayapura melintasi lima wilayah adat, perjalanan yang cukup panjang, namun dengan misi yang besar sehingga semua perjalanan berjalan dengan baik sampe tiba disini.

Kegiatan dilanjutkan dengan Walikota Jayapura melepas pasukan pembawa Kirap Api PON XX melewati berbagai titik di Kota Jayapura dan akan berakhir di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura Pada Pembukaan PON XX Papua Pada hari Sabtu 02 Oktober 2021. (HMS/Dy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed