oleh

Dandim 0808/Blitar Bersama Forkopimda Kota Blitar, Ikuti Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2021

Blitar,Fokustime.com – Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono bersama Forkopimda Kota Blitar mengikuti Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2021, bertempat di Halaman Kantor Walikota Blitar, Jumat (22/10/2021).

Pada kegiatan Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2021, bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Blitar Drs.H. Santoso, M.Pd. Dalam amanatnya Walikota Blitar Drs. H.Santoso, M.Pd mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan bahwa tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan lndonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Dan sejak ditetapkan pada tanggal 22 Oktober 2015, maka setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri Nasional dengan tema yang berbeda. Untuk peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 kali ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Maksud tema “Santi Siaga Jiwa Raga” adalah bentuk pernyataan sikap Santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan lndonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga berarti santri tidak lengah dalam menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran lslam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur Bangsa lndonesia, ujarnya.

Dandim 0808/Blitar saat ditemui usai mengikuti Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2021 juga menyampaikan, bahwa para Santri merupakan bagian dari sejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Santri tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan Bangsa ini, dimana para Santri bersama para ulama ikut turut berjuang merebut, mempertahankan dan mengawal kemerdekaan Bangsa Indonesia, tutur Dandim 0808/Blitar.

Lanjut Dandim 0808/Blitar berpesan, agar para santri jangan terlena dengan kemajuan zaman. Tetap dengan cita-cita para pejuang terdahulu, yang tidak lepas dari keterlibatan para ulama untuk terus berjuang, serta mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia, pungkasnya (Dim0808).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed