oleh

Buapti dan Wakil Bupati Banggai Buka Secara Resmi Musrembang RPJMD

Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Banggai Tahun 2021-2026 yang mengangkat tema “Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtra Berbasis Kearifan Lokal”, yang dilaksanakan di Hotel Estrella Luwuk, Selasa 03/11/12.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Ketua TP. PKK Kab. Banggai bersama anggota, Sekretaris Daerah Kab. Banggai, para Staf Ahli Bupati Banggai, Staf Khusus Bupati, Perwakilan Kepala Bapedda Prov. Sulteng, para Asisten Setda Banggai, Pimpinan OPD Kab. Banggai, para Camat se-Kab. Banggai, para Lurah, dan seluruh hadirin tamu undangan, serta peserta zoom lainnya.

Setelah mendengarkan laporan Kepala Bappedalitbang serta, Pokok-pokok pikiran dari Ketua DPRD Kab. Banggai, dan paparan perwakilan Kepala Bappeda Prov. Sulteng Moh. Rivan Burase, SP., M.Si (Kabid perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Sulteng),
Bupati dan Wakil Bupati Banggai bersama Ketua DPRD Kab. Banggai memberikan reword kepada para camat yang telah maksimal dalam menjadikan wilayahnya menjadi zona hijau, diantaranya 19 Kecamatan telah berada di zona hijau, dan 4 kecamatan berada di zona kuning, dengan rincian sebagai berikut :

KECAMATAN YANG SUDAH DIZONA HIJAU

  1. Nuhon
  2. Simpang Raya
  3. Bunta
  4. Lobu
  5. Pagimana
  6. Luwuk
  7. Luwuk Utara
  8. Luwuk Selatan
  9. Bualemo
  10. Balantak Utara
  11. Balantak
  12. Lamala
  13. Balantak Selatan
  14. Mantoh
  15. Nambo
  16. Kintom
  17. Batui
  18. Batui Selatan
  19. Toili Barat

KECAMATAN YANG MASIH DIZONA KUNING

  1. Luwuk Timur
  2. Masama
  3. Moilong
  4. Toili

Dalam sambutannya Bupati Banggai H. Amirudin mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah bersama-sama mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya, guna penyempurnaan rancangan RPJMD banggai untuk 5 tahun kedepan.

Menurut Bupati, RPJMD memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai rujukan dasar bagi pelaksanaan pembangunan daerah serta menjadi penjabaran secara konstitusi dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

“Sehingga RPJMD akan menjadi pedoman dalam penyusunan rencana strategis dan rencana kerja setiap perangkat daerah dalam membuat program kerja setiap tahunnya” terangnya.

Bupati mengatakan melalui forum ini, peserta musrembang dapat memberi masukan, penajaman, penyelarasan, atau klarifikasi terhadap rancangan RPJMD. Hal ini menjadi penting sebab kedudukan dokumen perencanaan RPJMD memiliki nilai dan peran yang strategis dalam mewujudkan banggai maju, mandiri, dan sejahtra berbasis kearifan lokal.

“Kami menaruh harapan besar bahwa diera kepemimpinan ini, kami bisa berbuat dan bekerja lebih banyak untuk mengakselerasi seluruh potensi yang dimiliki kab. Banggai, sehingga potensi ini dapat dikelola dengan maksimal untuk kemajuan daerah dan kesejahtraan masyarakat Kab. Banggai”, kata H. Amir.

Bupati mengaku, bahwa keberhasilan pelaksanaan kebijakan dan agenda pembangunan kab. Banggai hanya dapat terwujud dengan dukungan semua pemangku kepentingan.

“Untuk itu, saya berharap agar musrembang RPJMD ini dapat meningkatkan kapasitas dalam perumusan dan pelaksanaan perencanaan penganggaran maupun kebijakan dalam kerangka regulasi yang pada akhirnya akan menghasilkan dokumen perencanaan 5 tahun yang akurat, profesional dan akuntabel” tutup Bupati Amirudin.

Laporan : Rahmat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed