oleh

Apresiasi atas Terbitnya Buku Pemahaman Islam Moderat dan Etika Kehidupan Berbangsa

Jakarta, Fokustime.cim – Uraian pemahaman Islam secara moderat dan penguatan etika dalam kehidupan berbangsa terangkum dalam dua buah buku yang diterbitkan dari pemikiran Prof. Dr. Masykuri Abdillah yang berjudul “Islam Agama Kedamaian” serta “Islam dan Etika Kehidupan Berbangsa” dapat menjadi bahan literasi baru bagi masyarakat Indonesia. Penerbitan buku ini diapresiasi oleh Wakil Presiden (Wapres) melalui video conference dari kediaman resmi Wapres di Jalan Diponogoro Menteng Jakarta Pusat, saat acara Peluncuran dan Bedah Buku karya Prof. Dr. Masykuri Abdillah pada Kamis (25/11/21).

“Saya memberikan apresiasi kepada Prof. Dr. Masykuri Abdillah yang telah menguraikan Islam sebagai agama kedamaian yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi dalam hubungan antarkelompok dan antarbangsa,” ujar Wapres.

Wapres menuturkan, dua buah buku karya Prof. Dr. Masykuri tersebut dapat menjadi sumber literasi masyarakat dalam menggali ilmu dengan memaknai Al-Qur’an, hadis, dan sejarah umat Islam untuk memperkuat etika kehidupan berbangsa dan hidup toleran antarumat beragama.

“Prof. Masykuri menguraikan pentingnya pemahaman Islam secara moderat dan penguatan etika dalam kehidupan berbangsa dengan menampilkan pemikiran ulama dan tokoh agama di Indonesia,” jelas Wapres.

Dengan adanya etika, tambah Wapres, masing-masing warga dituntut untuk mengekspresikan hak-haknya secara santun dan beradab, sementara masyarakat politik dan pengambil kebijakan publik bertanggung jawab untuk mewujudkan kemaslahatan warga dan negara.

Mengakhiri sambutannya, Wapres menyampaikan harapannya agar bidang keilmuan untuk terus dikembangkan sehingga dapat menjadi solusi di dalam memecahkan persoalan bangsa.

“Saya mengharapkan para ilmuwan dan peneliti di Indonesia untuk terus melakukan kajian dan penelitian yang merespon persoalan masyarakat dan bangsa, serta solusinya dari berbagai perspektif keilmuan sesuai dengan bidangnya masing-masing,” pungkasnya.

Wapres berharap kedua buku tersebut dapat bermanfaat bagi umat dan bangsa Indonesia, terutama dalam merawat kedamaian dan kerukunan nasional di negeri ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, juga turut mengapresiasi penerbitan buku karya Prof. Dr. Masykuri Abdillah yang banyak mengangkat nilai-nilai keislaman yang universal.

“Saya mengucapkan selamat atas terbit dan diluncurkannya buku Islam Agama Kedamaian dan Islam Etika Kehidupan berbangsa yang ditulis Bapak Masykuri Abdillah ini. Kedua buku tersebut sama-sama berisi pandangan yang luas dan komprehensif tentang kehidupan umat Islam dalam beribadah, banyak nilai Islam yang universal,” ujar Mahfud.

Acara ini dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, Guru Besar STIF Driyakara Franz Magnis Suseno, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra, serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad.

Sementara turut mendampingi Wapres, Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi.(HMS/Dy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed