oleh

Kepala Kantor Imigrasi Langsa Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2021

-BERITA-25 views

Laporan : Jefry Boy Isny

Kota Langsa – Fokustime :
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa menggelar Press Release Akhir Tahun 2021. Press Release hasil kinerja kerja selama satu tahun tersebut dilaksanakan
di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 115, Langsa
Kota, Kota Langsa, Selasa, 04 Januari 2022, pukul 13.30 wib.

Kepala Kantor Imigrasi Langsa Darori memimpin langsung kegiatan yang dihadiri
Kasubag. TU. Yusrita Irwani.
Kasi Lalintalkim, Teuku Teguh Abdi.
Kasi Inteldakim, T.Adelian Muda.
Kasi Tikkim, Jaka Perkasa Sukarno. serta insan pers media cetak, online dan elektronik.

Dalam paparannya Kepala Kantor Imigrasi Langsa menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Kantor Imigrasi Langsa telah menerbitkan paspor sebanyak 768 dari target
sebanyak 9150. Sedangkan pada tahun 2020 Kantor Imigrasi Langsa telah menerbitkan paspor sebanyak 2833 dari target sebanyak 9150.

Penerbitan paspor pada tahun 2021 jika dibandingkan dengan penerbitan paspor pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 78,24%. Hal ini disebabkan bukan oleh kinerja Kantor Imigrasi Langsa tetapi di pengaruhi oleh traffic internasional yang di sebabkan pandemi Covid-19.

sehingga pemerintah dalam rangka memberikan perlindungan untuk sementara memberikan pembatasan keluar masuk wilayah Indonesia kepada Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing.

Hal demikian juga diberlakukan di beberapa Negara yang menutup diri dari masuknya orang asing.

Paspor yang telah diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Langsa pada tahun 2021 dengan rincian sebanyak 366 paspor baru, 387 penggantian paspor habis masa berlaku,
penggantian paspor hilang, 1 penggantian paspor rusak dan 2 penggantian halaman penuh.

Untuk pelayanan terhadap Warga Negara Asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Langsa selama tahun 2021 sebanyak 23 permohonan izin tinggal, terdiri dari 10 permohonan Izin Tinggal Kunjungan, 1 permohonan Alih Status ITK-ITAS, 11 Permohonan Izin Tinggal Terbatas, dan 1 permohonan Izin Tinggal Tetap.

Hal ini jika dibandingkan dengan penerbitan tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak 30 permohonan, penurunan ini juga dipengaruhi oleh adanya pandemi Covid-19.

Selain pelayanan keimigrasian berupa dokumen, Kantor Imigrasi Langsa juga memberikan pelayanan pemeriksaan dan pemberian izin masuk ke wilayah Indonesia melalui Tempat pemeriksaan Keimigrasian yakni pelabuhan Kuala Langsa.

Sepanjang tahun 2021 Kantor Imigrasi Langsa telah memberikan Clearance terhadap 8 Kapal yang datang dari luar negeri dengan jumlah 89 crew kapal yang terdiri dari 52 crew WNI dan 37 crew WNA. Dan kapal yang keluar wilayah Indonesia melalui pelabuhan Kuala Langsa sebanyak 6 kapal dengan jumlah 57 crew kapal terdiri dari 20 crew WNI dan 37 crew WNA.

Selama pandemi Covid-19 pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Social Distancing, maka dari itu Kantor Imigrasi Langsa selama tahun 2021 memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk Eazy Passport yang dilaksanakan sebanyak 19 kali di wilayah kerja Kantor Imigrasi Langsa. Eazy Passport merupakan pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dengan petugas imigrasi yang langsung datang menuju lokasi.

Dalam rangka ikut menjaga kondusifitas daerah, Kantor Imigrasi Langsa telah membentuk TIM PORA (Tim Pengawasan Orang Asing) bersama seluruh unsur kominda, di wilayah Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, Dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Kemudian, untuk tindak lanjut dalam pengawasan orang asing Kantor Imigrasi Langsa telah melakukan 3 kali rapat TIM PORA dan 2 kali Operasi Gabungan bersama instansi terkait, guna menyamakan persepsi dalam hal pengawasan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Langsa.

Dalam hal penegakan hukum, selama Tahun 2021 Kantor Imigrasi Langsa telah melakukan 1 kali pendeportasian keluar wilayah Indonesia yakni kepada 5 orang warga negara thailand, dan melakukan 2 kali pemindahan ke Rudenim kepada 1 orang Warga Negara Malaysia dan 1 orang Warga Negara Thailand.

Tidak Hanya Penerbitan dan Penindakan, Kantor Imigrasi langsa juga terus berupaya dalam penyebaran Informasi keimigrasian kepada seluruh masyarakat di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Langsa yakni Kota Langsa, Kab.Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang melalui Sosialiasi yang dilakukan. Telah dilakukan 13 kali Sosialisasi Eazy Passport dan 3 kali Sosialisasi Permenkumham No 34. Tahun 2021 tentang pemberian Visa dan Izin Tinggal pada Tahun Anggaran 2021.

Kepala Kantor Imigrasi Langsa Darori juga menyampaikan bahwa dalam Tahun Anggaran 2021 Kantor Imigrasi Langsa telah mendapatkan begitu banyak penghargaan yaitu mendapatkan terbaik II dalam “Pengelolaan Gaji Pegawai Triwulan I 2021” oleh KPPN Langsa, mendapatkan terbaik IV dalam “Pengelolaan Gaji Pegawai Triwulan II 2021” oleh KPPN Langsa, mendapatkan penghargaan atas kerja sama bersama Kemenag Aceh Tamiang, penghargaan atas upaya mewujudkan ruang pelayanan ternyaman, Penghargaan lolos ke TPN yang diberikan Kakanwil Kemenkumham Aceh dan Penghargaan Pelayanan Publik berbasis HAM yang diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan tugas dan fungsi pada Kantor Imigrasi Langsa Tahun 2021, Kantor Imigrasi Langsa didukung oleh DIPA Kantor Imigrasi Langsa yang capaian realisasinya telah terserap sebanyak 99,69.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed