oleh

Menteri PPA Kunjungi Lapas Meulaboh

-BERITA-15 views

Laporan : Jefry Boy Isny

Meulaboh – Fokustime :
Pasca terjadinya kasus pemerkosaan dan penyekapan terhadap seorang anak perempuan, Mawar (15) di Nagan Raya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Meulaboh untuk bertemu langsung dengan 2 Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) yang turut serta menjadi pelaku pemerkosaan, Sabtu, 08 Januari 2022.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri PPA ingin memastikan bahwa penanganan perkara terhadap 2 ABH ini sudah sesuai prosedur dan Undang-Undang tentang Sistem Peradilan Pidana Anak No. 11 Tahun 2012 dan juga melihat kejiwaan si anak serta latar belakang masalahnya seperti apa.

“Penanganan terhadap ABH ini dapat dipastikan sudah sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam UU SPPA No. 11 Tahun 2012. Mereka ini terus dilakukan pendampingan oleh PK Bapas dan proses Diversi juga tetap akan diupayakan meskipun Diversi di Kejaksaan menemui kegagalan, namun kita harapkan Hakim akan memiliki kebijakan tersendiri dalam melihat perkara ini”, Urai Kadivpas dihadapan Menteri PPA.

Menteri Puspa mengatakan akan mendorong terjadi Diversi terhadap 2 anak ini.

“Apa yang bisa kalian janjikan dengan ibu?”, Ujar Puspayoga terhadap 2 anak ini

“Kami berjanji untuk tidak melakukan kembali kejahatan bu”, jawab anak-anak tersebut.

“Ibu berharap kalian kalian terus berbuat baik, tingkatkan ibadah kalian dan jangan sampai kalian melakukan kesalahan yang sama kembali. Saya titip anak-anak saya ini Bapak,” pinta Bu Menteri kepada Kadivpas dan Kalapas di akhir pertemuan dengan anak-anak ini

Diharapkan pada kunjungan kerja ini akan mendapat masukan terhadap Revisi Qanun terkait Kekerasan Seksual terhadap anak. Setelah berkunjung ke Lapas Meulaboh, Menteri PPA melanjutkan perjalanan ke Nagan Raya untuk berkunjung ke rumah Korban.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed