oleh

Wakil Walikota Langsa Giat Sosialisasi Penanganan Sampah “Gampong Matang Seulimeng Menjadi Gampong Percontohan”

-BERITA-81 views

Laporan : Jefry Boy Isny

Kota Langsa – Fokustime :
Wakil Walikota Langsa melaksanakan kegiatan sosialisasi penanganan sampah kepada masyarakat dalam wilayah pemko Langsa.

Kegiatan sosialisasi penanganan sampah di awali pada Gampong Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, sebagai Gampong percontohan penanganan sampah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Walikota Langsa, Dr. Marzuki Hamid MM, Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya, S.S.T.P. M.A.P. beserta staf kecamatan Sudirman, Pj. Geuchik Gampong Matang Seulimeng, Mursalin S.S.T.P. M.A.P, Ketua Tuha Peut Bukhari, Keplor Dusun 1 Syafrizal dan Keplor Dusun II Syukri, beserta perangkat Gampong dan Pemuda Setempat.

Wakil Walikota Langsa, Dr. Marzuki Hamid MM, kepada Fokustime, Senin, 10 Januari 2022, mengatakan, Masalah sampah menjadi isu dan sorotan dari tahun ke tahun sebagai salah satu bagian dari sumber pencemaran lingkungan.

Seperti yang terjadi di Kota Langsa saat ini, sampah menjadi hal yang menakutkan untuk keindahan dan kebersihan lingkungan, terutama kawasan wisata dan perkotaan.

Pada dasarnya, lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan hak dan tanggungan bersama.

Tetapi sekarang kondisi lingkungan di Kota Langsa semakin terancam akibat ulah dan perilaku manusia sendiri yang kurang sadar akan kebersihan lingkungan yang akan terdampak kepada pencemaran.

Salah satu sumber pencemaran tersebut adalah sampah.

Masalah sampah ini mengusik dan menjadi sumber bencana bersama yaitu bencana lingkungan.

Bentuk bencana itu bisa berupa berkurangnya sumber udara, kerusakan, dan kebersihan hingga rusaknya tatanan sosial dan kemasyarakatan.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Kota Langsa berupaya semaksimal mungkin dalam menanggulangi sampah.

Maka pada hari ini saya beserta jajaran melakukan pencegahan dengan mensosialisasikan penanganan sampah kepada masyarakat yang di awali pada Gampong matang seulimeng kecamatan Langsa Barat, Pemko Langsa.

“Karena kesadaran akan pencemaran melalui sampah memang sangat minim untuk fahami oleh masyarakat, jadi mulai hari mari kita bersama mensosialisasikan kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman kepada seluruh warga masyarakat dan Gampong matang seulimeng dapat di jadikan contoh sebagai salah satu gampong di Kota Langsa yang sedang menggalakkan penanganan sampah dengan tidak mengeluarkan sampah dari dalam pekarangan rumah,” Papar Marzuki.

Lanjutnya, Sebelum pukul : 07.00 wib, diharapkan kepada warga untuk menggantung sampah tersebut di pagar rumah masing – masing yang mana nantinya sampah tersebut akan di koordinir oleh perangkat gampong yaitu Geuchik, kadus melalui kelompok swadaya masyarakat untuk di ambil dan nantinya di bawah ke Gampong Pondok Pabrik kecamatan Langsa Lama, lebih kurangnya jarak tempuh dari sini hanya satu kilo setengah saja.

Kemudian tiba di lokasi sudah tersedia bak ambrol dan mobile truck pengangkut sampah untuk segera di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan itu sudah menjadi tanggung jawab dari Pemko Langsa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa, kata Marzuki.

Dirinya juga menambahkan, Pada intinya Pemko Langsa saat ini sedang berupaya melakukan pencairan dana agar nantinya dapat memberikan bantuan betor minimal 1 unit untuk setiap Gampong, tandasnya.

Sementara Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya S.S T.P. M.A.P. yang di dampingi staf kecamatan, Sudirman mengatakan, Usai dari Gampong Matang Seulimeng, untuk hari ini kami masih terus berkeliling di dam kecamatan Langsa Barat guna melaksanakan sosialisasi akan penanganan sampah agar terciptanya lingkungan bersih sehat dan indah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed